Android N Sudah Dirilis, Ini Kelebihan dan Cara Memasangnya

Kelebihan Android N
Sumber: AndrodPolice


Kelebihan Android N, Duluran.net - 9 Maret lalu bertepatan dengan Gerhana Matahari Total yang terjadi di Indonesia. Bertepatan dengan itu juga, Google Developer telah merilis versi Android terbarunya, Android N. Google memberikan kita kejutab manis dengan dirilisnya Android N Developer Preview.

Peluncuran Android lebih cepat, karena Google biasanya memperkenalkan sebuah produk anyarnya dalam acara bergengsi Google I/O pada bulan Mei setiap tahunnya.

Dikutip Duluran.net dari Kompas, Hiroshi Lockheimer, Senior Vice President Google untuk Android, Chrome OS, & Chromecast, mengatakan perilisan Android N secara mendadak bertujuan agar tim Pengembang Android bisa menerima feedback dan juga masukan dari pihak lain sehingga tidak perlu menunggu acara tahunan, Google I/O. Google merencanakan dalam kuortal 3 2016 nanti nama dari versi Android N ini bisa resmi diumumkan. Dia juga mengatakan bahwa untuk para developer bisa menjajalnya terlebih dahulu agar kita bisa mendapatkan masukan yang maksimal.

Untuk Sedulur yang menggunakan Nexus dan juga Android One. Kamu bisa mencoba terlebjh dahulu Android N.

Ada beberapa kelebihan terbaru yang ada di Android N seperti multi-window, java 8 dan lainnnya.

Kelebihan Android N

  • Multi-window

Fitur yang saat ini hanya dimiliki produk-prduk flagship ini bakal bisa dimiliki oleh seluruh ponsel Android N. Fitur ini juga disebut resizableActivity. Dengan fitur ini kamu bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan dakam satu tampilan layar. Seperti ini cuplikannya.

Multi-window Ansroid N
Sumber: Android Developer


Selain itu, pengguna juga bisa menyesuaikan besar kecilnya apliaksi yang tampil dilayar. Dengan fitur ini, dulur bisa menonton video sambil buka Facebook atau aktivitas seru lainnnya.

  • Direct reply notifications

Kalau kamu menggunakan Android Wear, kamu bisa langsung membalas pesan yang masuk dengan Android N ini. Kamu bisa menbalas pesan secara cepat tanpa harus menghilangkan terlebih dahulu notifikasi yang tampil.

  • Bundled notifications

Dengan Android N terbaru ini, kamu bisa menggunakan metode Notification.Builder.setGroup() untuk mengelompokkan satu jenis notifikasi dari aplikasi yang berbeda. Contoh mudahnya beginu, jika di HP sedulur ada 5 notifikasi 2 notifikasi pesan dan 3 notofikasi telepon, maka notifikasi tersebut akan mengelompok dengan sendirinya. Pengguna bisa menggunakan gesture dua jari atau dengan tap tombol perluasan.

  • New Efficiency

Google pernah meluncurkan Doze dalam Android versi 6.0 Marshmallow dan sekarang fitur ini juga hadir di Android N. Fitur ini berfungsi untuk lebih menghemat penggunaan memori dan juga lebih menghemat konsumsi baterai.

  • Java 8 language

Jika kamu sudah bergelut di dunia programer, maka kamu sudah tidak bingung lagi apa itu java language. Java 8 ini memiliki fitur seperti static methods, streams, dan functional interface.

Cara memasang Android N

Android N belum bisa dipasang disembarangan smartphone. Menurut informasi yang saya dapatkan dari Kompas, Android N baru bisa dipasang di Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan seri ponsel Android One. Kamu bisa megunduhnya di tautan berikut ini, http://g.co/androidbeta.

Perlu diketahui bahwa untuk saat ini Google baru merilis Android N Developer Preview jadi masih ditemukan banyak bug dalam Android N ini. Untuk kamu yang ingin menggunakan Android N dalam sehari-hari saya sarankan tahan dulu keinganan Sedulur, karena ini "khusus" untuk para developer. Jangan lupa untuk untuk membagikan kelebihan Andoid N ini ke teman-teman mu ya, agar mereka tahu tentang Android N.

Subscribe to receive free email updates: