Spesifikasi Gerhana Matahari dan Gerhana Matahari Total di Indonesia


Gerhana Matahari, Duluran.net - Sebelum saya membahas tentang Gerhana Matahari, saya akan menjelaskan dulu secara sekilas apa itu arti spesifikasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) spesifikasi diartikan sebagai proses, cara, perbuatan melakukan pemilihan (perincian); 2 perincian (tentang rencana, proposal, dan sebagainya); 3 pernyataan tentang hal-hal yang khusus (dalam perjanjian dan sebagainya). Nah sudah jelas kan?

Spesifikasi Gerhana Matahari

Proses gerhana matahari terjadi dikarenakan posisi sang satelit bumi, bulan terletak diantara bumi dan matahari, sehingga cahaya yang dipancarkan oleh matahari tertutup oleh bulan. Itulah yang menyebabkan cahaya matahari tidak sampai ke bumi.

Mungkin sebagian dari Sedulur ada yang bertanya-tanya kenapa bulan bisa menutupi, padahal ukuran bulan lebih kecil. Ini bisa terjadi karena jarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer, itulah yang menyebabkan bulan bisa menutupi sebagian atau sepenuhnya dari sinar matahari.


Jenis-jenis gerhana matahari

1. Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total terjadi ketika puncaknya. Ini disebabkan oleh piringan bulan yang lebih besar atau sama dengan piringan matahari. Ukuran piringan ini juga bisa berubah-ubah sesuai dengan jarak bumi-bulan dan bumi-matahari.


2. Gerhana Matahari Cincin

Sudah banyak banyangan tentang gerhana cincin ini. Piringan matahari yang tertutup hanya sebagian dan dibagian tengah piringan matahari yang kelihatan hanya pinggirnya saja sepertu cincin.

3. Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari yang satu ini membuat piringan matahari hanya sebagian yang tertutupi oleh piringan bulan. Jadi tidak semua piringan matahari tertutup oleh piringan bulan.

Gerhana Matahari di Indonesia Tahun 2016

Menurut Thomas Jamaluddin, kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau yang biasa kita kenal LAPAN menuturkan bahwa Gerhana Matahari Total di Indonesia sebelumnya terjadi pada tahun 1983, 1988, dan 1995. Gerhana matahari total seperti ini diperkirakan akan terjadi kembali pada tahun 2023 nanti. Jadi ketika sekarang Sedulur berumur 17 maka gerhana matahari total akan terjadi ketika Dulur berumur 24.

Bagi saya sendiri, saya baru berjumpa dengan gerhana matahari total baru kali ini saja. Dan ini merupakan pengalaman pertama.

Gerhana Matahari Total (GMT) ini bisa dilihat khusu untuk wilayah Asia Tenggara dan benua Australia. Gerhana matahari total ini merupakan sebuah fenomena alam dan anugrah Allah yang sangat agung. Nantinya, di Timur Samudera Pasifik, GMT akan terjadi kurang lebih selama 4 menit.

Di Indonesia, GMT akan bisa dilihat di 12 provinsi dari Indonesia bagian barat sampai timur. Untuk Indonesia bagian barat, puncaknya akan terjadi pada pukul 7.20 WIB esok baru. Untuk sedulur diwilayah tengah, puncak GMT terjadi pukul 8.35 WITA. Serta untuk Sedulur ditimur GMT akan terjadi puncaknya pukul 9.50 WIT.

Bicara tentang Indonesia nih lur, negara kita merupakan negara dengan Muslim terbanyak dan pada saat GMT, orang Muslim juga disunnahkan untuk melaksanakan shalat gerhana. Bagaimana tata caranya? Panduan Sholat Gerhana atau Shalat Kusuf bisa dibaca di sini.

Subscribe to receive free email updates: